Jumat, 17 Juni 2016

Silek Tuo Minangkabau Tidaklah Sama Dengan Pencak Silat


basilek.blogspot.com Banyak orang mengira bahwa Silek Tuo dengan Pencak Silat itu sama saja dan tidak ada perbedaan antara kedua perguruan ataupun sasaran padahal faktanya sangat lah berbeda dengan yang di fikirkan oleh orang tersebut.

Silek Tuo Minangkabau adalah Silek yang berasal dari Minangkabau bukan berasal dari provinsi atau daerah lainnya melainkan Silek Tuo hanya dapat dipelajari di Minangkabau kecuali ada seorang Pandeka Silek Tuo yang pergi merantau dan beliau mengajarkan Silek Tuo kepada orang luar.

Dan Kejadian tersebut sangatlah Langka karena biasanya Pandeka Silek Tuo tidak ingin menunjukan Kepandaian Sileknya kepada orang banyak apalagi sampai mengajarkannya kepada orang yang tidak dikenalnya.

Selain itu Silek Tuo tidak bisa diajarkan begitu saja melainkan harus memiliki syarat tertentu untuk dipelajari seperti ayam,endong,kain putih,pisau,dll



Sangat Berbeda denga Pencak Silat


Pencak Silat adalah Silat yang berasal dari Seluruh Indonesia dan disatukan untuk melestarikan budaya indonesia, Biasanya Pencak Silat ini menggabungkan beberapa jurus dari Silat yang pernah dilihatnya dan Pencak Silat bisa dipelajari di seluruh indonesia, Bahkan sekarang sudah ada dan bisa dipelajari diluar negara.

Untuk memasuki Pencak Silatpun tidak membutuhkan persyaratan seperti ayam,pisau,kain putih,dll layaknya Silek Tuo Minangkabau.

Saat ini Pencak Silat sudah dilombakan dan sudah masuk PON ataupun pertandingan olahraga lainnya.


Pertandingan Pencak Silat ini terbagi menjadi 2 yaitu Laga dan Mancak

Laga adalah pertandingan yang dilakukan oleh Pencak Silat dengan menggunakan jurus dari perguruan masing-asing yang berbeda. Dan Perguruan tersebut sudah didaftarkan dengan Ipsi

Mancak adalah pertandingan yang dilakukan dengan melihat gerakan Silat yang sangat bagus, Biasanya dilakukan dengan masing-masing pasangan dalam satu tim perguruan.

Dan latihan Pencak Silat ini dilakukan pada sore hari layalnya olahraga lainnya sangat berbeda dengan Silek Tuo yang melakukan Latihan pada malam hari dan jauh dari keramaian.

0 komentar

Posting Komentar