Sabtu, 25 Juni 2016

Silek Lanyah Di Minangkabau


basilek.blogspot.com Silek adalah beladiri asal sumatra barat atau Minangkabau, Namun pernahkah teman mendengar yang namanya Silek Lanyah??

Ternyata sangatlah banyak jenis Silek Tuo Minangkabau di Sumatra barat ini, Saya sendiri orang minangkabau tulen dan sudah 2 tahun mencari tahu tentang Silek disana sini namun saya baru dengar dengan yang namanya "Silek Lanyah".

Kabarnya Silek Lanyah ini berasal dari kelurahan Ekor Gubuk kampung Kubu Gadang, Padang Panjang Sumatra Barat.
dan memiliki sasaran di daerah kubu gadang tersebut
untuk pengertian sasaran silahkan baca disini

Para Pandeka Silek Lanyah ini biasanya melakukan Atraksinya di sawah tepi jalan kampung kubu gadang Kota Padang Panjang.



Seperti foto dibawah ini


Silek Lanyah ini merupakan Silek Kubu Gadang, Silek ini termasuk susah untuk mempelajarinya karena Silek ini dimainkan di dalam Lumpur atau bahasa minangnya adalah Lanyah.

Pandeka Silek Lanyah latihan didalam Lanyah dan juga melakukan jurus kuncian dan jurus lainnya.
Silek ini dilakukan didalam lanyah dilakukan dengan tujuan agar memiliki kelincahan dalam Sileknya.

Guru Besar Silek Tuo ini bernama 'Inyiak Upiak Palantiang" Meskipun usianya suda seabad lebih namun Guru Besar Silek Lanyah ini masih sangat lincah dalam Basilek hingga ujung usianya.
Ini adalah foto dari Guru Besar Silek Lanyah "Inyiak Upiak Palantiang"


Selain itu saat ini Silek Lanyah sudah banyak di kunjungi para pejabat tinggi negara dan mereka sangat terkagum atas atraksi yang ditampilkan oleh Silek Lanyah ini.

Silek Lanyah tidak hanya dimainkan dengan tangan kosong saja melainkan Silek Lanyah ini juga dimainkan dengan Senjata Tajam seperti Pisau dan Senjata Silek lainnya.

Berikut ada beberapa foto Silek Lanyah.



0 komentar

Posting Komentar